Selasa, 22 Mei 2012

Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
       Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.Mata pelajaran ini dianggap penting untuk diajarkan di sekolah.BSNP(2006a) menjelaskan bahwa bahasa memiliki  peran sentral dalam perkembangan intelektual,social, dan emosional peserta didik  dan merupakan penunjang keberhasilan  dalam mempelajari semua bidang study.
A.Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
           Tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia akan memberi arah seluruh aktivitas pembelajaran,agar tujuan tercapai.Adapun tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia  adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tulis
2)      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
3)      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakanya  dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4)      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual,serta kematangan emosional dan social
5)      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra serta untuk memperluas wawasan,memperhalus budi pekerti,serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6)      Menghargai membanggakan sastra Indonesia  sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia(BSNP,2006b;2006c)





 B.Ruang Lingkup Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
             Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang  meliputi aspek-aspek: (1)mendengarkan,(2)berbicara,(3)membaca, dan (4)menulis (BSNP,2006a;2006b;2006c).SKKD dalam komponen kemampuan berbahasa dapat dicermati dalam contoh berikut.
  1. Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan non berita)
    (SK mendengarkan,kelas X semester 1).
  2. Menceritakan bebagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat(SK membaca,kelas X semester 1)

C.Konsep Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
           Berikut dipaparkan beberapa konsep dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang meliputi kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
1.Pendekatan Komunikatif
           Pendekatan komunikatif merupakan pendekatan dalam pengajaran bahasa yang berasumsi bahwa bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi.Littlewood(dalam Richard dan Rodgers,1993:66)menyatakan bahwa salah satu cirri khas utama pengajaran bahasa komunikatif adalah pemberian perhatian sistematis terhadap aspek-aspek fungsional dan structural bahasa.
           Pelajaran Bahasa Indonesia sudah lama menganut pendekatan komunikatif.Pendekatan ini sangat jelas di dalam kurikulum sekolah.
  1. Mencantumkan pokok bahasan membaca,menyimak,dan menulis
  2. Mengembalikan pengajaran bahasa Indonesia sebagai komunikasi
  3. Menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaanya
  4. Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar,baik secara lisan maupun tulisan
2.Pembelajaran Terpadu
          Pembelajaran terpadu (integrated method) adalah upaya pemaduan antara aspek-aspek pengajaran sastra dan bahasa saling bantu membantu.Pemahaman tentang aspek-aspek kebahasaan yang berupa kata,kalimat,paragraph,dengan mempertimbangkan ejaan dan tanda baca dalam bahasa tulis,unsure-unsur prosodi(intonasi,nada,irama,tekanan,tempo).

3.Pembelajaran Apresiasi Sastra
          Banyak pakar yang telah mendefinisikan pengertian apresiasi sastra secara memadai.beberapa pakar telah memampar sebagai berikut.
a)      Apresiasi sastra adalah kegiatan menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga timbul pengertian,penghargaan,kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan terhadap karya sastra(Tarigan dalam Saryono,2009:7)
b)      Apresiasi sastra adalah penaksiran kualitas karya sastra serta pemberian nilai yang wajar kepadanya berdasrkan pengalaman yang sadar dan kritis (Tarigan dalam Suryono,2009:33)
c)      Apresiasi sastra adalah proses kegiatan pengindahan ,penikmatan,penjiwaan danpenghayatan karya sastra secara individual dan momentan,subjektif dan total (Suryono,2009:34).

4.Pembelajaran Ekspresi Kreatif
          Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra,yang masing-masing meliputi aspek mendengarkan,berbicara,mambaca,dan menulis.Berdasarkan hal tersebut mata pelajaran bahasa Indonesia berupa aktivitas,yaitu aktivitas mendengrkan,berbicara,membaca,dan menulis.Aktivitas mendengarkan dan membaca merupakan aktivitas resepsi,sedangkan aktivitas berbicara merupakan aktivitas produksi atau ekspresi. Pembelajaran ekspresi yang meliputi berbicara dan menulis membutuhkan kreatifitas,karenan siswa dituntut memiliki daya cipta
 

MEREUM
KAREKTERISTIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
PADA BUKU STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Makalah ini disusun memenuhi tugas mata kuliah Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Pengampu:Drs.H.Yakup Nasucha,M.Hum.



UMS


Disusun Oleh :

Fredy Dwi Kurniawan
A 310 100 074
                                                   4B





PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar