Karakteristik
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata
pelajaran yang diajarkan di sekolah sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan
Tinggi.Mata pelajaran ini dianggap penting untuk diajarkan di sekolah.BSNP(2006a) menjelaskan bahwa bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual,social, dan emosional peserta didik
dan merupakan penunjang keberhasilan
dalam mempelajari semua bidang study.
A.Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia akan memberi arah seluruh
aktivitas pembelajaran,agar tujuan tercapai.Adapun tujuan mata pelajaran Bahasa
Indonesia adalah agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut.
1)
Berkomunikasi
secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan
maupun tulis
2)
Menghargai
dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa
Negara
3)
Memahami
bahasa Indonesia dan menggunakanya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4)
Menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual,serta kematangan
emosional dan social
5)
Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra serta untuk memperluas wawasan,memperhalus budi
pekerti,serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6)
Menghargai
membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia(BSNP,2006b;2006c)
B.Ruang Lingkup Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia
mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek:
(1)mendengarkan,(2)berbicara,(3)membaca, dan (4)menulis
(BSNP,2006a;2006b;2006c).SKKD dalam komponen kemampuan berbahasa dapat
dicermati dalam contoh berikut.
- Menanggapi siaran atau
informasi dari media elektronik (berita dan non berita)
(SK mendengarkan,kelas X semester 1). - Menceritakan bebagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat(SK membaca,kelas X semester 1)
C.Konsep
Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Berikut dipaparkan beberapa konsep
dasar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang meliputi kemampuan berbahasa
dan kemampuan bersastra berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
1.Pendekatan
Komunikatif
Pendekatan komunikatif merupakan pendekatan dalam
pengajaran bahasa yang berasumsi bahwa bahasa berfungsi sebagai alat
komunikasi.Littlewood(dalam Richard dan Rodgers,1993:66)menyatakan bahwa salah
satu cirri khas utama pengajaran bahasa komunikatif adalah pemberian perhatian
sistematis terhadap aspek-aspek fungsional dan structural bahasa.
Pelajaran Bahasa Indonesia sudah
lama menganut pendekatan komunikatif.Pendekatan ini sangat jelas di dalam
kurikulum sekolah.
- Mencantumkan pokok bahasan membaca,menyimak,dan menulis
- Mengembalikan pengajaran bahasa Indonesia sebagai komunikasi
- Menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaanya
- Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar,baik secara lisan maupun tulisan
2.Pembelajaran
Terpadu
Pembelajaran terpadu (integrated method) adalah upaya
pemaduan antara aspek-aspek pengajaran sastra dan bahasa saling bantu
membantu.Pemahaman tentang aspek-aspek kebahasaan yang berupa
kata,kalimat,paragraph,dengan mempertimbangkan ejaan dan tanda baca dalam
bahasa tulis,unsure-unsur prosodi(intonasi,nada,irama,tekanan,tempo).
3.Pembelajaran
Apresiasi Sastra
Banyak pakar yang telah mendefinisikan pengertian
apresiasi sastra secara memadai.beberapa pakar telah memampar sebagai berikut.
a)
Apresiasi
sastra adalah kegiatan menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga
timbul pengertian,penghargaan,kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan
terhadap karya sastra(Tarigan dalam Saryono,2009:7)
b)
Apresiasi
sastra adalah penaksiran kualitas karya sastra serta pemberian nilai yang wajar
kepadanya berdasrkan pengalaman yang sadar dan kritis (Tarigan dalam
Suryono,2009:33)
c)
Apresiasi
sastra adalah proses kegiatan pengindahan ,penikmatan,penjiwaan danpenghayatan
karya sastra secara individual dan momentan,subjektif dan total (Suryono,2009:34).
4.Pembelajaran
Ekspresi Kreatif
Ruang lingkup mata pelajaran bahasa
Indonesia yaitu mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan
bersastra,yang masing-masing meliputi aspek mendengarkan,berbicara,mambaca,dan
menulis.Berdasarkan hal tersebut mata pelajaran bahasa Indonesia berupa
aktivitas,yaitu aktivitas mendengrkan,berbicara,membaca,dan menulis.Aktivitas
mendengarkan dan membaca merupakan aktivitas resepsi,sedangkan aktivitas
berbicara merupakan aktivitas produksi atau ekspresi. Pembelajaran ekspresi
yang meliputi berbicara dan menulis membutuhkan kreatifitas,karenan siswa
dituntut memiliki daya cipta
MEREUM
KAREKTERISTIK MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA
PADA
BUKU STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Makalah ini disusun memenuhi
tugas mata kuliah Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Pengampu:Drs.H.Yakup
Nasucha,M.Hum.
Disusun Oleh :
Fredy Dwi Kurniawan
A 310 100 074
4B
PENDIDIKAN
BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar