Selasa, 22 Mei 2012

ANALISIS CERPEN MAN RABUKA KARYA AA NAVIS


ANALISIS CERPEN MAN RABUKA
KARYA AA NAVIS

SINOPSIS
Kepulangan tokoh Aku ke kampung halamannya adalah kepulangan seseorang yang telah sekian lama meninggalkan kampung halamannya disebabkan sesuatu hal. Orang kampung memandangnya sebagai pengkhianat karena pada waktu revolusi ia bekerja sama dengan musuh dan pergi meninggalkan kampung halamannya. Setelah sekian lama pergi kini dia datang ke kampungnya untuk mencari kuburan orang tuanya serta kuburan adiknya.
Di kampung dia bertemu dengan seorang penjaga kuburan yang bernama Atik Peto. Atik Peto menceritakan semuanya tentang perjuangan ayah si Aku mempertahankan kampungnya serta penyakit tebese yang diderita oleh Rahman. Atik Peto juga menceritakan tentang cerita Rahman. Dalam cerita Rahman yang dikisahkan oleh Atik Peto menceritakan dua orang berdunsanak yang memiliki kelakuan yang bertolak belakang. Jamain adalah seorang yang suka mabuk, berjudi dan suka madat serta maling dan suka main perempuan sedangkan Jamalin merupakan orang yang sangat taat beribadah. Kemudian pada suatu waktu Jamain meninggal dan ia dikuburkan tetapi dikubur bersama tuak yang dibawa oleh anaknya dengan gerobak karena menurut anaknya ayahnya berwasiat agar menguburnya dengan tuak itu sementara itu Jamalin juga meninggal dan dia dikubur seperti biasa orang mengubur mayat. Di alam kubur Jamain berhasil memperdaya malaikat dengan tuaknya sehingga malaikat menjadi mabuk dan Jamain tidak mendapat azab malah dia bisa merasakan indahnya surga. Sementara itu Jamalin mendekap dalam neraka karena malaikat telah mabuk dan salah menginterogasi Jamalin sehingga Jamalin tidak mampu menjawab pertanyaan malaikat itu.
Atik peto menyudahi ceritanya dan menunjukkan kuburan keluarga si Aku termasuk kuburan Rahman adiknya si Aku, namun Atik Peto salah ternyata kuburan yang disangka adalah kuburan Rahman merupakan kuburan orang lain. Sedihlah hati si Aku ketika kuburan adiknya tidak ditemui. Walau orang lain menganggap adiknya pahlawan namun kuburannya telah dilupakan orang.


Analisis unsure instrinsik

1.      Tema                         : pahlawan yang telah dilupakan
2.      Penokohan     :
Si aku ( berani dan bertanggung jawab)
Atik peto ( pencemooh, penghiba)
Rahman (adik si aku yang meninggal)
Jamain ( pemabuk, penjudi, maling, pemadat dan suka main perempuan)
Jamalin (orang yang sangat alim)
3.    Waktu                        : siang hari
4.    Setting                        : di kampung, di kuburan, di alam kubur, dan di neraka
5.    Sudut pandang           : memakai sudut pandang orang pertama
6.    Amanat                      : kalau jadi penegak hukum, harus memberi keadilan dengan seadil-adilnya. Jangan silau dengan sogokan.

Unsure ekstrinsik dalam cerpen adalah

  1. Latar social       : cerpen ini menggunakan latar social masyarakat minagngkabau hal itu tergambar dan Nampak dari peristiwa tokoh aku yang mengunjungi dan mencari kuburan keluarga dan dunsanaknya kebiasaan itu biasanya hanya ditemukan pada masyarakat minang kabau yang tinggal di perkampungan.  Dan terjadi pada masa revolusi
  2. Latar agama     : berlatarkan masalah agama islam yang banyak menyinggung tentang akhirat
  3. Pengarang cerpen ini merupakan pengarang yang berasal dari daerah minang kabau







Disusun Guna untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Pengkajian Fiksi
Dosen Pengampu: Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M.Hum


 










Disusun Oleh:
1.Fredy Dwi Kurniawan    A.310100074


PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar